Breaking

LightBlog

Sejuknya Air Terjun Maribaya


Mari kita menapaki indahnya tempat tujuan wisata di sisi Utara dari kota Kembang, yaitu Maribaya. Di Maribaya kita dapat menikmati cantiknya salah satu karya Tuhan dimana di kawasan ini dialiri oleh 2 sungai yaitu sungai Cigulung dan sungai Cikawari. Disini terdapat banyak pusat aktifitas wisata yang menarik seperti sekumpulan air terjunnya yang mengagumkan, pemandian air panas, jurang dan hamparan pohon hijau yang menjulang tinggi. Maribaya banyak menarik pengunjung terutama di akhir minggu, sebabnya antara lain karena sumber air panasnya dialirkan ke beberapa kolam pemandian umum serta ke beberapa kamar mandi pribadi. Maribaya terletak 1000 meter di atas permukaan laut, jaraknya dari kota Bandung sekitar 20 kilometer dan untuk mencapai kesana kita terlebih dahulu harus memasuki kota Lembang, lalu menuju ke arah Timur sekitar 8 kilo meter. Jauhnya jarak tidak akan terlalu terasa karena pemandangan di sepanjang perjalanan yang sejuk dan alami akan membuat Anda seakan sudah sampai ke tempat tujuan. Namun tetap hati-hati di perjalanan karena jalan yang dilalui akan banyak tikungan tajam dan banyak kendaraan lalu lalang.

Lokasi tempat ini terletak di jalan Maribaya 105-112, Lembang, Kabupaten Bandung Utara. Jika Anda menuju tempat ini dengan mobil pribadi silahkan turun di pintu tol Pasteur lalu belok kiri menuju arah Lembang, setelah melewati pusat kota Lembang lalu menuju arah Timur menuju Maribaya. Namun jika Anda naik angkot dari kota Bandung, pilihlah angkot dengan jurusan akhir Ledeng, lalu lanjutkan angkot ke arah Lembang. Sesampainya di Lembang, Anda melanjutkan perjalanan dengan angkot jurusan Maribaya-Lembang dengan jarak tempuh kira-kira 30 menit. Cara lainnya menuju Maribaya adalah dengan lewat daerah Dago atas. Dari stasiun Bandung Anda bisa naik angkot tujuan stasiun Dago, lalu dari Terminal Dago lanjutkan angkot menuju Dago Pakar. Air terjun ini hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari Dago Pakar. Kendaraan ojek juga bisa dijadikan pilihan untuk mencapai tempat ini hanya dengan tarif sekitar 15.000-20.000 saja.

Sekilas sejarah tentang taman Maribaya Bandung ini adalah mengenai nama dari Maribaya itu sendiri. Penduduk setempat percaya bahwa nama Maribaya berasal dari nama seorang gadis jelita, Maribaya menjadi rebutan dari banyak pria di desa tersebut karena kecantikannya yang sangat menghebohkan. Maka dari itu maka kawasan yang juga cantik nan indah itu dinamakan Maribaya. Keelokan pemandangannya memang akan membuat semua orang yang datang kesana terkagum-kagum. Maribaya memiliki pemandian-pemandian air panas yang mengandung mineral serta baik untuk kesehatan. Banyak pengunjung yang datang kesini untuk berlibur sekaligus berobat di pemandian air panas ini, konon dengan berendam di air panas Maribaya kita bisa sembuh dari berbagai macam penyakit serta meningkatkan kekebalan tubuh akan penyakit.

Selain memiliki kolam pemandian air panas, Mariba juga memiliki beberapa air terjun yaitu Curug Cigulung, Curug CIkoleang, Curug Cikawiri, ketiga curug ini bersumber dari 2 sungai yang sama yaitu sungai Cigulung dan sungai Cikawari. Dari ketiga curug tersebut, kebanyakan pengunjung banyak bermain di Curug Cikawari karena dasar airnya yang tidak terlalu dalam sehingga pengunjung pun merasa aman bermain-main di curug ini. Ada sebuah curug lainnya yang berada tidak jauh dari area Maribaya yaitu Curug Omas yang memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Di kedua sisi atas dan bawah dari curug ini dibangun dua buah air terjun yang memberikan kemudahan bagi para pengunjung untuk dapat menikmati indahnya curug tanpa harus terkena cipratan air.

Air terjun di Maribaya secara umum lebih mengundang perhatian para pengunjung yang datang, dibandingkan dengan wisata pemandian air panasnya. Memang selalu ada pengunjung yang datang berendam air panas atau untuk mengobati penyakit, namun jumlah pengunjung lebih banyak di sekitar air terjunnya untuk mengagumi keindahan dan sensasi air terjun yang mengasyikkan.

Apa saja yang bisa kita lakukan di Maribaya? Banyak sekali kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan di Maribaya. Antara lain mengagumi keindahan air terjun sambil menikmati sejuknya hawa Maribaya yang belum tersentuh polusi. Selain itu Anda bisa berelaksasi bersama keluarga tercinta di bawah rindangnya pepohonan Maribaya, jangan lupa mencicipi ketan bakar atau jagung bakar di tengah dinginnya udara. Untuk Anda yang ingin mengenal Maribaya lebih dalam, silahkan bertanya pada bagian informasi untuk pemandu lokal. Untuk 1 orang pemandu Anda memerlukan biaya sekitar 75.000 ribu sampai dengan 100.000. Memang agak mahal namun Anda tidak perlu takut tersesat dan mendapatkan sejarah dan pengetahuan mengenai area ini dengan lebih mendalam.

Jika Anda jatuh cinta pada pemandangan Maribaya hingga ingin bermalam untuk datang lagi di keesokan hari, kota Lembang siap menerima Anda sekeluarga dengan senang hati. Di area ini banyak terdapat berbagai macam pilihan hotel dengan variasi harga pula tentunya. Anda tidak akan kesulitan mencari penginapan karena di sepanjang jalan Lembang berderet hotel dan penginapan jenis lainnya dengan harga yang tidak mahal. Jadi tunggu apalagi? Mari menengok kecantikan Maribaya yang legendaris bersama keluarga tercinta.

source
LightBlog