Breaking

LightBlog

Mengenal Devil Tower tau Menara Setan di Negeri Paman Sam

Devils Tower, dari namanya saja sudah seram dan bikin penasaran. Ini adalah tebing yang menjulang setinggi 360 meter dan terletak di Wyoming, Amerika Serikat. Di balik keindahannya, tebing ini punya kisah misterius!

image source: www.devilstowertradingpost.com
Devil Tower adalah nama sebuah gunung yang berada di Wyoming amerika serikat, gunung ini berbentuk prisma dengan puncak datar yang mempunyai luas 1,5 hektar, karena bentuknya yang tidak lazim bagi sebuah gunung setiap tahun banyak wisatawan yang datang ke sana baik untuk mengagumi keindahannya ataupun untuk mendaki ke puncak gunung.

Berbagai legenda banyak bermunculan yang menceritakan tentang asal-usul Devil Tower ini. Salah satunya adalah  cerita dari Kiowa, Arapaho, Crow, Cheyenne dan suku Sioux, ketakutan sekelompok gadis-gadis kecil dikejar oleh beruang raksasa.

Menurut legenda ini, tujuh gadis Indian suatu hari bermain di hutan. Beruang besar datang kepada mereka dan mengejarnya. Gadis-gadis melarikan diri dengan cepat melalui pepohonan, tetapi beruang perlahan-lahan dapat menyusul mereka.

Karena situasi membuat mereka menjadi putus asa, gadis-gadis melompat ke atas batu karang yang rendah dan berdoa dengan suara keras ke Roh Leluhur untuk menyelamatkan mereka.

Tiba-tiba batu kecil mulai tumbuh ke atas, mengangkat tujuh anak perempuan lebih tinggi dan lebih tinggi ke langit. Beruang yang marah melompat ke sisi menara (batu tersebut) dan meninggalkan bekas cakar, yang dapat dilihat sampai saat ini di atas dinding batu.

Namun secara ilmu kegeologian menjelaskan bahwa gunung ini terbentuk akibat dari intrusi magma yang kemudian mendingin di dalam tabung intrusinya sebelum mencapai ke permukaan, intrusi tersebut kemudian membeku membentuk formasi batuan beku lalu bagian luar dari formasi batuan beku tersebut terkikis oleh hujan, salju dan angin yang menyebabkan formasi tersebut muncul ke permukaan membentuk sebuah gunung, namun di sekitar devil tower ini tidak ditemukan bukti adanya sisa gunung vulkanik di sekitarnya tidak ditemukan jejak – jejak seperti abu atau aliran lava.



Sebuah teori yang mungkin adalah gunung ini merupakan sebuah lacolith, lacolit adalah sebuah intrusi magma panas dari dalam bumi yang tidak pernah mencapai permukan, hal ini mendorong tonjolan formasi batuan di atasnya, lama kelamaan formasi batuan yang menutupi lacolith mengalami proses erosi, karena batuan beku mengalami proses pengikisan yang lebih lama dibandingkan batuan penutupnya maka yang tersisa tinggal lacolith yang membentuk devil tower.

Devil tower sendiri terdiri dari porfiri phonolinite, batuan beku abu – abu atau kehijaunan dengan Kristal feldspar di dalamnya. dari waktu ke waktu erosi terus terjadi dan di bagian kaki gunung tersebut banyak ditemukan bukti – bukti batuan yang penutup lacolith yang telah mengalami erosi.

source: berbagai sumber
LightBlog