Breaking

LightBlog

Saat Liburan ke Lombok, Enaknya ke 5 Tempat Ini

Selain Bali, Lombok menjadi destinasi yang tak kalah seru saat liburan sekolah. Banyak tempat yang bisa didatangi, mulai dari pantai cantik sampai desa pengrajin tenun. Dari wisata pantai, sampai kuliner!

1. Gili Trawangan


Gili Trawangan adalah nama salah satu pulau mungil di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain digemari turis asing, pulau ini juga cocok untuk liburan bareng anak. Pertama, karena pulau ini bebas polusi alias tanpa kendaraan bermotor. Ya, warga Gili Trawangan menggunakan sepeda atau cidomo (delman) sebagai transportasi umum.

Garis pantainya bersih, kalau ingin snorkeling Anda bisa menyeberang ke Gili Meno dan Gili Air. Sunset dan sunrise di Gili Trawangan juga sangat cantik, selaras dengan deretan penginapan di sunrise atau sunset point.

Saat malam, Anda bisa mengajak anak tercinta jalan-jalan di pasar malam persis depan dermaga. Deretan restoran dan toko juga buka hingga larut malam. Jangan lupa cicipi eskrim aneka rasa, Gili Gelato, yang harganya hanya Rp 15.000 untuk 1 scoop.

2. Pantai Senggigi


Pertama ke Lombok, mungkin Pantai Senggigi adalah destinasi yang paling wajib Anda kunjungi. Terletak di Senggigi, Lombok Barat, pantai dengan garis laut yang panjang ini punya perairan biru jernih.

Uniknya, pasir di Pantai Senggigi tak melulu putih. Di bagian tengah, pasir pantai berubah menjadi hitam. Berkunjung ke sini jangan lupa bawa peralatan snorkeling, karena alam bawah lautnya menawan!

3. Pantai Tanjung Aan


Selain Senggigi, Lombok juga punya Pantai Tanjung Aan yang tak kalah cantik. Pantai ini terletak di Lombok Tengah, sektiar 1,5 jam perjalanan dari Kota Mataram.

Kalau ingin bermain air laut dan membuat istana pasir, inilah pantai yang tepat. Traveler bisa menghabiskan waktu bersama anak, juga menyeruput kelapa muda yang dijual kedai kecil di pinggir pantai.

Mau yang lebih seru? Mintalah nelayan setempat mengantarkan Anda ke Batu Payung. Ini adalah batu besar di tengah laut, yang bentuknya unik seperti payung. Tak sedikit traveler yang sudah pernah ke batu ini lho!

4. Desa Sade


Wisata budaya di Lombok tak kalah dengan Bali. Di Desa Sade, Rembitan, Lombok Tengah Anda bakal mengenal suku Sasak yang merupakan suku asli Lombok. Mereka hidup dalam rumah bale tani yang lantainya dilumuri tahi kerbau.

Jangan kaget, inilah kebudayaan dari nenek moyang mereka. Hal tersebut dilakukan agar menjaga lantai kuat, tak berdebu dan bebas dari serangga. Selain itu, Anda juga bisa berburu aneka aksesoris berupa gelang hingga tenun Lombok.

5. Pantai Kuta


Siapa sangka, Pantai Kuta tak hanya identik dengan Bali. Lombok juga punya Pantai Kuta yang terletak di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah. Jaraknya sekitar 56 Km dari Kota Mataram.

Pasir di pantai ini sangat bersih, air lautnya pun jernih. Pantai Kuta sering didatangi para peselancar dari berbagai negara. Pantai ini juga menjadi lokasi Festival Bau Nyale, pada saat warga setempat mencari cacing laut. Pemandangannya cantik, cocok untuk bersantai dan menghabiskan waktu bermain dengan anak.

source
LightBlog