Breaking

LightBlog

Pecinta Alam Pelajar Tanam Mangrove

MANGROVE - Salah satu bentuk kepedulian pecinta alam pelajar Kota Pekalongan terhadap konservasi daerah pantai dilakukan dengan penanaman Mangrove dan Cemara Laut.

DEGAYU - Puluhan pecinta alam pelajar yang berasal dari beberapa sekolah di Kota dan Kabupaten Pekalongan, mengadakan kegiatan konservasi daerah pantai dengan melakukan penanaman Mangrove di kawasan tambak Degayu dan cemara laut di pesisir pantai Slamaran, Minggu (24/2).

Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Peternakan dan Kelautan (DPPK) Kota Pekalongan. Acara tersebut dipimpin oleh pecinta alam pelajar Wanalana yang berasal dari SMAN 1 Pekalongan. Beberapa sekolah lain yang juga diundang adalah SMK Muhammadiyah Karanganyar-Kabupaten Pekalongan, SMKN 2 Pekalongan, SMKN 3 Pekalongan, SMAN 3 Pekalongan dan SMA Muhammadiyah Pekajangan-Kabupaten Pekalongan.

Pembina Wanalana, Drs Yudi Rudi mengatakan aksi ini merupakan wujud kepedulian dari pecinta alam pelajar terhadap lingkungan pantai. Diharapkan sebagai anak-anak yang tinggal di kawasan pesisir Pantura, mereka harus bisa menjaga kelestarian dan mengembangkan ekosistem pantai.

Kegiatan konservasi daerah pantai tersebut telah berlangsung selama beberapa tahun ini. Diharapkan dengan adanya kepedulian yang mereka lakukan, daerah pesisir pantai bisa berkembang menjadi lebih baik dan mampu mengatasi permasalah yang ada di sekitar pantai seperti rob, abrasi dan lain-lain. "Kami mengadakan penanaman sekitar 500 pohon Mangrove dan Cemara Laut untuk membantu memulihkan kawasan pesisir pantai Pekalongan yang dalam kondisi kurang baik. Akibat perubahan cuaca yang terjadi saat ini atau terkait Global Warming," bebernya.

Sedangkan Ketua Panitia Peduli Lingkungan Pantai, Muhammad Faiq Firdaus menjelaskan kegiatan ini awalnya hanya dilakukan oleh internal pecinta alam pelajar Wanalana dengan menggabungkannya pada kegiatan Susur Pantai. Namun ternyata hal tersebut berlangsung kurang efektif karena membuat waktu pelaksanaan mundur hingga sore hari. "Akhirnya kami buat acara terpisah dan mencoba mengundang teman-teman dari pecinta alam pelajar sekolah lain. Hal tersebut kami lakukan sebagai usaha untuk menjalin silaturahmi dengan mereka," katanya.

Pada kesempatan lain, Kepala DPPK Kota Pekalongan, Ir Candra Herawati MM mengungkapkan bahwa saat ini tingkat kepedulian masyarakat terhadap kegiatan konservasi pantai di daerah pesisir Pekalongan mengalami peningkatan cukup signifikan. Terbukti dengan beberapa kali kegiatan dilakukan dengan bekerjasama dengan masyarakat. "Kepedulian masyarakat saat ini terhadap konservasi daerah pesisir pantai cukup tinggi. Terbukti dengan adanya banyak kegiatan maupun proposal pengajuan kerjasama dengan kami terkait hal tersebut," ulasnya.

source: pekalongankota.go.id
LightBlog